Kamis, 22 September 2016

Resep Membuat Opor Ayam Special Enak

Haloo bertemu lagi dengan saya admin DW Catering. Kali ini pembahasan kita tentang cara mengolah daging ayam yaitu membuat opor ayam yang merupakan menu andalan yang sangat recommended banget di DW Catering. Opor ayam merupakan masakan yang sangat dikenal di Indonesia. Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelah barat. Meskipun demikian, masakan ini juga telah dikenal luas di daerah lain. Memang bahan dasar yang satu ini (ayam) selain harganya yang terjangkau oleh kantong bila dibandingkan dengan daging sapi. Bahan dasar yang satu ini bisa untuk dikreasikan menjadi berbagi menu makanan. Dan tentunya makanan yang satu ini menjadi menu favorit bagi keluarga Indonesia karena rasanya yang lezat. Para ibu-ibu rumah tanggapun menggemari bahan dasar yang satu ini karena selain mudah dalam pegolahannya dan dapat menyajikan menu masakan yang istimewa untuk keluarganya.

Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur dan sebagainya. Dalam tradisi Jawa, perayaan Lebaran Idul Fitri biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat yang disajikan dengan opor ayam dan sambal goreng ati. Untuk sambal goreng ati kita akan bahas pada pertemuan selanjutnya.

Resep masakan Opor Ayam kali ini di ambil dari berbagai sumber yang telah dimodifikasi sesuai dengan selera kami.Adapun bahan-bahan yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut, check this out :
Opor Ayam Andalan DW Catering
- Santan kental (1 gelas)
- Gula, merica, dan garam secukupnya
- Lengkuas (3 cm, dimemarkan terlebih dulu)
- Serai (2 batang, dimemarkan juga)
- Daun salam (3 lembar)
- Daun jeruk purut (3 lembar)
- Kelapa (1 butir) dan santan encer (4 gelas)
- Ayam (1 ekor, dipotong setulangnya)
- Ketumbar sangrai (1 sendok makan)
- Kemiri (4 butir)
- Bawang merah (8 butir)
- Bawang putih (6 siung)
- Minyak (2 sendok makan)





Cara Membuat Opor Ayam Special Enak:
- Haluskan terlebih dulu ketumbar sangrai, kemiri, bawang merah dan bawang putih.
- Minyak selalu harus dipanaskan terlebih dulu dan bumbu dapat ditumus hingga wangi.
- Ayam kemudian dapat dimasukkan, Anda dapat mengaduknya hingga setengah matang sebelum santan dan bahan lain menyusul ditambahkan.
- Pastikan ayam dimasak hingga empuk sebelum menambahkan santan kental.
- Masak lagi sampai Anda merasakan rasa manis dan biarkan mendidih sebelum disajikan. Resep masakan opor ayam yang simpel ini dapat dinikmati 4-6 orang.

Bagaimana cukup mudah bukan mempraktekan Resep Membuat Opor Ayam Special Enak Demikian sedikit informasi yang dapat saya berikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar